• Thursday, June 29, 2023

    Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Sains Kimia (HIMASAKI) Kabinet Grafena mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H, mohon maaf lahir dan batin 🙏🏻

    Hari Raya Idul Adha atau yang sering kita dengar dan sebutkan biasa disebut dengan hari Kurban dirayakan umat beragama Islam pada setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Jika dilihat dalam kalender masehi, Hari Raya Idul Adha jauh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023. 

    Apabila membahas sejarah Hari Raya Idul Adha, maka tidak asing dengan kisah teladan nabi ibrahim bersama istrinya, Siti Hajar beserta anaknya, nabi ismail. Menurut sejarah, kisah ini bermula dari Nabi ibrahim berusia 85 tahun dengan istrinya bernama Siti Hajar yang baru dikarunai keturunan setelah penantian yang panjang. Keturunan tersebut dinamai dengan Ismail. Alasan Nabi Ibrahim memberikan nama Ismail karena Allah sudah mendengar dan mengabulkan permohonannya.

    Hingga pada suatu malam Nabi Ibrahim bermimpi diperintah Allah untuk memenuhi janjinya menyembelih putranya. Meski bingung, Ibrahim akhirnya menurutinya. Ismail, yang saat itu berusia tujuh tahun, menerimanya sepenuhnya. Namun, pisau yang digunakan untuk menyembelih Ismail ternyata tidak cukup kuat untuk menyembelihnya. Jadi Ismail aman. 

    Kemudian turun wahyu Allah swt. berfirman dalam qur'an surah As-Saffat ayat 104-106:

    وَنَا دَيْنٰهُ اَنْ يّٰۤاِبْرٰهِيْمُ 

    "Lalu Kami panggil dia, "Wahai Ibrahim!"." (QS. As-Saffat 37: Ayat 104)

    قَدْ صَدَّقْتَ الرُّءْيَا ۚ اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ

    "Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu." Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS. As-Saffat 37: Ayat 105)

    اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْبَلٰٓ ؤُا الْمُبِيْنُ

    "Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata." (QS. As-Saffat 37: Ayat 106)

    Beberapa riwayat juga menyatakan bahwa Allah mengganti Ismail dengan seekor domba sampai akhirnya muncul perintah untuk berkurban pada Idul Adha dengan seekor domba atau hewan kurban lainnya. Oleh karena itu, Idul Adha sering disebut sebagai Hari Raya Kurban atau Hari Raya Kurban karena identik dengan penyembelihan hewan kurban. 

    Di Indonesia, Idul Adha biasanya dirayakan dengan shalat Idul Fitri. Meski beberapa kalangan terkadang menetapkan hari yang berbeda saat menetapkan hari raya, namun tidak ada perbedaan tata cara pelaksanaan shalat Idul Fitri. Biasanya, sholat Idul Fitri dilakukan di masjid. Namun, banyak juga yang menggunakan mushola, lapangan bahkan alun-alun. Jika jumlah pemeluknya banyak, maka shalat Idul Fitri biasanya dilakukan di lapangan atau alun-alun. Meski kebanyakan orang mengikuti pemerintah dalam memperkenalkan hari raya ini, cepat atau lambat banyak yang mengikuti. Setelah melaksanakan shalat Idul Adha, hewan kurban biasanya disembelih. 

    Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga berfirman dalam al-qur'an surat Al-Kautsar, surah ke 108, ayat 2, berbunyi:

    فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَا نْحَرْ 

    "Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al-Kausar 108: Ayat 2)

    Berkurbanlah sekecil apapun itu karena bukan Anda atau mereka yang memberi pahala melainkan Allah SWT. Tak perlu mengharapkan balasan dari mereka karena yang Maha Pemurah tahu cara bagaimana membalasnya.

    Selamat berkumpul bersama keluarga sambil makan sate dan teman-temannya!🍢🤗

    Satu Bersama Selamanya Jaya Jaya Jaya!!!


    HIMASAKI

    KABINET GRAFENA

    2022-2023

    ===================================


    #IdulAdha1444H

    #BidangInfokom

    #DepartemenLuarNegeri

    #HIMASAKI2023

    #KabinetGrafena

    #SatuBersamaSelamanya

    #HarmonisDinamis

  • Copyright © - HIMASAKI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
    Design by INFOKOM 2023