• Saturday, June 17, 2023

    Pemotongan Pita oleh Ketua Jurusan Kimia

    Minat dan Bakat Festival (MIFEST) 2.0 merupakan salah satu program kerja HIMASAKI yang berada dalam departemen minat dan bakat yang dijadikan sebagai ajang kompetisi dan unjuk bakat dalam bidang olahraga, seni, dan bidang ekonomi kreatif dengan bertemakan “Develop Your Ability and Creativity to Express Yourself” dalam bahasa Indonesia berarti “kembangkan kemampuan dan kreativitas Dirimu untuk Mengekspresikan Dirimu”. Terdapat beberapa pembaharuan pada kegiatan MIFEST 2.0 ini dimana pembaharuan tersebut dalam dilihat dari segi perlombaan dan kegiatan acara yang dilaksanakan. Kegiatan Minat dan Bakat Festival 2023 (MIFEST 2.0) dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2022 sampai 11 Juni 2023. Perencanaan konsep, penyusunan kepanitiaan, pembagian jobdesc panitia, dan persiapan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2022.

    Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa kegiatan acara, diantaranya terdapat perlombaan olahraga, perlombaan seni, perlombaan business plan, pemilihan putra-putri kimia 2023, dan seminar kewirausahaan. Adapun tujuan dari kegiatan ini, yakni untuk membangun rasa kekeluargaan seluruh mahasiswa sains kimia, sebagai wadah untuk mengembangkan kreatifitas, mencari atlit-atlit mahasiswa sains kimia dengan berkompetisi antar angkatannya sehingga dapat menemukan bibit-bibit unggul yang sebelumnya belum terlihat, meningkatkan eksistensi bidang olahraga, bidang seni maupun bidang ekonomi kreatif di lingkungkan mahasiswa/i kimia, serta mengenalkan kegiatan HIMASAKI agar lebih dikenal oleh masyarakat umum.

    Perlombaan dalam bidang olahraga yakni mencakup beberapa cabang olahraga yang populer di Indonesia, diantaranya futsal, basket, volly, badminton, dan Mobile Legends. 

    Perlombaan dalam seni yakni mencakup beberapa seni yang menjadi hobi ataupun keahlian masyarakat Indonesia pada umumnya, diantaranya tari, cover lagu, dan desain grafis. Yang mana pada acara perlombaan seni ini dapat dilakukan secara bersamaan yaitu tari dan cover lagu secara offline dan desain grafis secara online.

    Selanjutnya perlombaan Putra-PutrI Kimia yang bertujuan sebagai ajang pemilihan mahasiswa/i yang akan menjadi ‘icon’ jurusan Kimia yang diharapkan mampu memberikan contoh untuk mahasiswa/i kimia yang lainnya sebagai sosok yang berkarakter, memiliki kepribadian yang baik, berbakat, dan memiliki wawasan yang lebih luas.

    Terakhir terdapat perlombaan business plan dimana business plan merupakan kegiatan lomba membuat ide atau rencana usaha dimana para peserta lomba akan mempresentasikan hasil karyanya.

    Terakhir Seminar Kewirausahaan sekaligus menjadi acara penutupan pada MIFEST 2.0 ini yang mana seminar kewirausahan merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh bidang ekonomi kreatif yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mewadahi permasalahan seputar kewirausahaan pada mahasiswa kimia dan juga masyarakat umum. Seminar yang dilaksanakan ini merupakan Seminar Inspiring Entrepreneur (SIREN) yang tema tersendiri yaitu “Let’s be an inspiring entrepreneur in 4.0 era” dimana pada acara SIREN ini dapat mengundang narasumber – narasumber yang sesuai dan berkompeten dalam bidang usaha maupun ekonomi kreatifnya. Pada acara penutupa sekaligus seminar ini mengundang bapak mentri kita yaitu bagian mentri pariwisata dan ekonomi kreatif Republik Indonesia sebagai opening speech pada acara seminar ini dan juga bapak kresna utama selaku owner dan head cheff utama food jigoku ramen.



    Penutupan pada acara MIFEST 2.0 ini ditutup dengan sesi pengumuman para pemenang perlombaan serta pembagian hadiah pada tiap angkatan yang telah ikut berpartisipasi pada kegiatan acara MIFEST 2.0 ini sehingga dapat ditentukan juara – juara tiap perlombaannya.

    Alhamdulillah rangkaian kegiatan acara MIFEST 2.0 Dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang positif dari mahasiwa/i kimia sendiri. Yang mana rangkaian kegiatan acara MIFEST 2.0 ini sendiri berlangsung selama kurang lebih 1 bulan dengan kegiatan perlombaan yang berbeda setiap minggunya, hingga tibalah pada pekan terakhir kegiatan MIFEST 2.0 ini yaitu pada hari minggu, 11 juni 2023.

     

     

  • Copyright © - HIMASAKI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
    Design by INFOKOM 2023