• Friday, May 25, 2012


    BERAS PLASTIK Berbahan Dasar Plastik
    BEBERAPA waktu lalu, dunia dikejutkan dengan kehadiran terlur ayam palsu dari China, dan sekarang ini tengah merebak isu pemalsuan beras dengan bahan baku utama limbah plastik.Dalam Media Singapura dilaporkan bahwa China sedang memproduksi beras palsu. Dikutip dari koran berbahasa Korea 'Weekly Hong Kong', beras palsu saat ini sedang didistribusikan di kota Cina Taiyuan, di provinsi Shaanxi. Bahkan diindikasikan beras-beras tersebut juga diimpor.

    Nasi' tersebut merupakan gabungan dari kentang, ubi jalar dan limbah plastik yang direkayasa sedemikian rupa sehingga berbentuk menyerupai beras. Lebih berbahaya lagi, produsen juga menambahkan resin sintetik industri. Resin sintetis tersebut berbahaya jika dikonsumsi karena bisa memicu kanker.


    Beras palsu ini sulit dibedakan dengan beras asli ketika mentah. Namun setelah dimasak, seseorang bisa mengetahuinya karena rasa nasi dari beras ini begitu keras dan kenyal atau bahasa Jawanya mlethis (serasa masih ada bagian yang mentah).

    Seorang pejabat Restoran Cina Association mengatakan, "Makan tiga mangkuk nasi palsu ini sama saja dengan makan satu kantong plastik”. Menurut penelusuran selain palstik sulit diurai, berbagai penyakit bisa muncul dari penggunaan (digunakan untuk pembungkus atau terurai panas,Red) plastik. Mulai dari kanker, berbahaya untuk ginjal, hati dan otak. Apalagi bila termakan dan diproses tubuh secara langsung. 

    Namun Sayangnya hingga kini belum ada jawaban resmi dari pemerintah China maupun Singapura yang memberitakan masalah tersebut. Jadi sebaiknya kita berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

  • Copyright © - HIMASAKI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
    Design by INFOKOM 2023