• Friday, April 28, 2023


    Mengunjungi acara musik memang dapat membuat hormon dopamin kita berada di puncaknya. Rasanya sangat tidak cukup menikmati semua ini hanya dalam hitungan jam saja, sehingga kita pun ketagihan dibuatnya. Oleh karena itulah, bukan hal aneh lagi apabila setelah menonton konser, kita cenderung merasa sedih dan hampa setelahnya. Tapi perasaan apa itu?


    Sebenarnya ada istilah untuk menjelaskan perasaan sedih pasca menonton konser, yaitu Post-Concert Depression. Perasaan ini digambarkan seperti kamu mengalami semacam duka usai kamu mengunjungi konser dari idola favoritmu. Lalu kamu berpikir bahwa sepertinya tidak akan mungkin lagi untuk mendapatkan pengalaman semenakjubkan itu di masa mendatang. Depresi pasca menikmati konser ini merupakan suatu hal yang nyata adanya dan dapat memengaruhi keseharian seseorang yang mengalaminya.


    Secara ilmiah, otak kita memiliki hormon serotonin, dopamin, dan oksitosin yang dilepas sesuai dengan alasannya masing-masing. Namun, apabila kita merasa bahagia, dan di dalam konteks kebahagiaan tersebut dikarenakan kita bisa melihat langsung idola favorit kita, maka otak mengeluarkan aliran dopamin yang konstan. Sehingga perasaan yang didapatkan pun sangat luar biasa. Namun ketika konser selesai, tubuh kita pun kehabisan dopamin, dan inilah yang menyebabkan kita merasa "depresi".


    Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi PCD, yaitu :

    1. Bersyukur

    2. Ceritakan sisa kebahagiaanmu mengenai pengalaman pergi ke konsermu kepada teman-teman

    3. Belajar menerima dan kembali ke ‘realita’

    4. Menabung untuk konser selanjutnya


    Referensi :

    Rafandani, Fikri. “Post-Concert Depression: Apa dan Bagaimana Kita Menghadapinya” cxomedia.id. Diakses pada Kamis 23 Maret 2023. https://www.cxomedia.id/wellnes/20220324120125-18-174274/post-concert-depression-apa-dan-bagaimana-kita-menghadapinya


    #BIDANGKEILMUAN

    #DEPARTEMENPKK

    #KABINETGRAFENA

    #HIMASAKI2022-2023


  • Copyright © - HIMASAKI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
    Design by INFOKOM 2023