• Wednesday, January 13, 2016

     Kondensasi
    Kondensasi adalah proses dimana uap-uap air berubah menjadi cairan. Contohnya perubahan gas atau uap air menjadi cair atau air. Kondensasi merupakan proses yang cukup krusial dalam siklus air, karena tanpa kondensasi, awan tidak akan terbentuk. Awan-awan yang terbentuk dari proses ini dapat menghasilkan hujan, yang merupakan jalan utama air untuk turun ke permukaan bumi dalam siklus air.
    Presipitasi
    Presipitasi adalah peristiwa jatuhnya cairan (dapat berbentuk cair atau beku) dari atmospir menuju ke permukaan bumi. Presipitasi cair dapat berupa hujan dan embun dan presipitasi beku dapat berupa salju dan hujan es. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya presipitasi diantara lain berupa :
    1.    Adanya uap air di atmospir
    2.    Faktor-faktor meteorologis
    3.    Lokasi dari suatu daerah
    4.    Adanya penghalang misal adanya gunung.
    Presipitasi merupakan jatuhnya hydrometeor yang sampai ke bumi baik dalam bentuk cair (hujan) ataupun padat (es atau salju). Di wilayah tropis seperti indonesia presipitasi lebih didefinisikan sebagai hujan karena sangat jarang terjadi presipitasi dalam bentuk jatuhan keping es.

    Evaporasi

    Evaporasi adalah peristiwa berubahnya air menjadi uap dan bergerak dari permukaan tanah dan permukaan air ke udara (penguapan). Evaporasi atau penguapan adalah proses perubahan dari molekul air dalam bentuk zat cair menjadi molekul uap air (gas) di atmosfer. Evaporasi merupakan unsur hidrologi yang sangat penting dalam keseluruhan proses hidrologi. 

  • Copyright © - HIMASAKI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
    Design by INFOKOM 2023