• Sunday, September 24, 2017

    Assalamualaiku. Hai Chemist!
    Selamat datang buat adik-adik mahasiswa/i yang sudah lolos dari berbagai jalur menuju jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi. Jika kalian semua kemarin sudah melakukan pengenalan budaya akademik kampus yang diselenggarakan oleh pihak kampus, maka sebentar lagi kalian akan melakukan Orientasi Kemahasiswaan Sains Kimia atau yang biasa dikenal dengan nama OKSI serta kegiatan KINETIC (Kinship Moment On Chemistry Camp). Walaupun OKSI 2017 baru akan dilaksanakan tanggal 30 September 2017 namun peserta sudah diberikan pengenalan terlebih dahulu dengan dibentuknya beberapa kelompok dengan masing-masing mentor serta selayaknya orientasi di lingkungan fakultas sains dan teknologi peserta juga sudah diharuskan memakai atribut yang panitia tentukan. Lantas untuk apa sih panitia menyuruh kita selalu menggunakan atribut tersebut ketika berada di wilayah kampus ?

    Menggunakan Ikat Kepala Batik dan Name Tag. Ikat kepala batik dan Name Tag wajib dikenakan seluruh peserta OKSI 2017 dengan tujuan sebagai identitas agar warga kimia mengetahui mana-mana saja mahasiswa/i kimia yang baru sehingga memudahkan baik peserta ataupun warga kimia lainnya untuk saling mengenali dan tidak tertukar mengenali karena Name Tag yang digunakan berbentuk sikloheksana yang bisa jadi ciri khas dari kimia, selain itu menggunakan ikat kepala batik juga sebagai upaya kita melestarikan, mengenalkan, serta menjaga eksistensi produk kain batik yang merupakan warisan milik Indonesia.
    Selain diwajibkan untuk memakai atribut diatas, peserta juga diberikan tantangan untuk mendapatkan tandatangan dari dosen, panitia, dan warga kimia di buku berbentuk gelas kimia. Tantangan ini bertujuan agar mahasiswa mau berinteraksi dengan dosen ataupun kaka tingkat, menambah teman walau pun hanya tau namanya saja, atau bisa juga sebagai pembuka pembicaraan sehingga interaksi dan komunikasi peserta berjalan mengalir begitu saja tidak kaku. Admin juga pernah merasakan tantangan ini, dan dimulai dari tantangan itu lah admin alhamdulillah mempunyai banyak kenalan dan teman-teman, ya walau awalnya hanya tahu nama tak tau rupa atau tahu rupa tah tahu nama, pasti ada prosesnya. Hal ini (mempunyai banyak kenalan atau teman) sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan dikampus, mulai dari  bisa saling membantu mengerjakan tugas, sharing, bekerja sama, atau apapun itu. Jadi buat para peserta jangan sungkan-sungkan untuk meminta tanda tangan, lebih banyak teman dan kenalan lebih baik, namun jangan lupakan etika dan atributnya harus dipakai supaya mereka ga kaget tiba-tiba diminta tanda tangan oleh orang yang belum dikenal. Dibawah mimin masukan juga tata tertib kegiatan OKSI dan KINETIC 2017, tolong difahami dan ditaati ya kawan-kawan.



    TATA TERTIB OKSI DAN KINETIC (PESERTA)
      1.     Membawa peralatan dan perlengkapan yang sudah ditentukan.
      2.      Datang 15 menit sebelum acara dimulai.
      3.      Menjaga kebersihan selama kegiatan berlangsung.
      4.      Memperlihatkan materi yang disampaikan selama kegiatan OKSI dan KINETIC berlangsung.
      5.      Mengikuti petunjuk dan instruksi dari panitia dan pementor.
      6.      Mengikuti seluruh rangkaian acara OKSI dan KINETIC sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat OKSI dan KINETIC.
      7.      Menjaga kekondusifan selama materi berlangsung.
      8.      Mensilent HP atau alat komunikasi lainnya selama OKSI berlangsung.
      9.      Tidak membawa alat komunikasi saat KINETIC berlangsung.
      10.  Tidak diperkenankan menggunakan perhiasan dan peralatan make up berlebihan selama acara OKSI dan KINETIC berlangsung.
      11.  Tidak diperkenankan meninggalkan OKSI dan KINETIC tanpa seizin dari pementor masing-masing.
      12.  Tidak diperkenankan makan ketika materi berlangsung dan didalam ruangan.
      13.  Dilarang keras membawa dan menggunakan senjata tajam, senjata api, narkoba dan minuman keras.
      14.  Dilarang merokok serta melakukan perbuatan tidak sopan selama OKSI dan KINETIC.
      15.  Peraturan atau tata tertib lain yang masih dianggap perlu akan ditentukan kemudian.
      16.  Bagi panitia, peserta dan pemandu yang tidak mematuhi peraturan atau tata tertib akan mendapat hukuman.
      17.  Mematuhi peraturan dan tata tertib OKSI dan KINETIC.
     
    Sekian dulu dari admin, niatkan bahwa kegiatan ini bermanfaat dan baik buat kalian sehingga kalian dapat balasan baik juga, aturan dibuat bukan untuk dilanggar jadi jika melanggar harus siap dengan segala konsekuensinya. jaga kesehatan agar kalian bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan. Next informasi insya allah admin share.

    Jangan lupa ikuti dan kunjugi juga akun media sosial kami untuk info-info update HIMASAKI:
    Official Acount Line : @epm7544k
    Istagram : @himasaki_uinbdg
    Facebook: HIMASAKI F-st Uin Sgd
    Twitter: @himasaki_uinsgd

    Terimakasih. Wassalamualaikum.

  • Copyright © - HIMASAKI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
    Design by INFOKOM 2023